Selamat Datang di Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu Kabupaten Pakpak Bharat. Temukan Informasi Terkini seputar Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Potensi Wilayah Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu dan Informasi Lainnya.

Search

Siapa yang dapat menduga ternyata perbatasan suatu wilayah menyimpan potensi sebagai objek wisata. Itulah yang terjadi dengan perbatasan antara perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan yang dikenal dengan nama Delleng (bukit) Simpon. Wilayah inilah yang dikunjungi oleh Wakil Bupati Pakpak Bharat, Ir. H. Maju Ilyas Padang yang didampingi rombongan Muspida Kabupaten Pakpak Bharat antara lain Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Wakapolres Pakpak Bharat dan perwakilan dari Kodim 0206 Dairi-Pakpak Bharat, Rabu sore (14/3). Ikut serta dalam rombongan tersebut Kadis Budparhubmansih Pemkab Pakpak Bharat, Mester Padang, S.Pd.
Potensi objek wisata tersebut selain menyaksikan keindahan alam dari ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, juga ada satu objek yang menarik lainnya pada lokasi tersebut yaitu mata air Berru Tinambunan yang tidak pernah kering sampai saat ini walaupun dalam musim kemarau. Konon ceritanya mata air tersebut adalah berasal dari seorang wanita bernama Berru Tinambunan yang menangis karena tidak ingin dinikahkan dan melarikan diri ke tempat tersebut. Tangisan yang tidak berhenti tersebut lama-kelamaan menjadi mata air yang diberi nama Berru Tinambunan. Bagi siapa yang berkunjung ke sana juga disarankan mencuci muka pada mata air itu sebagai bagian dari penghargaan akan adat-istiadat di lokasi tersebut.
Selanjutnya Wakil Bupati juga meninjau tapal batas antara kedua Kabupaten dan disaksikan perbedaan yang sangat kontras pada kualitas infrastruktur jalan antara kedua Kabupaten.  Pada ruas yang menuju Kabupaten Pakpak Bharat ruas jalan sangat mulus dan lebar sementara yang menuju ke Kabupaten Humbang Hasundutan sangat jelek dan masih dalam ukuran yang hanya bisa dilewati satu mobil.
Pada saat peninjauan lokasi tapal batas hadir Kepala Desa Gajah (Jepar Berutu ) Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan, Jesar Berutu yang desanya berbatasan langsung dengan lokasi perbatasan dan berada tidak jauh dari Delleng Simpon. Wakapolres Pakpak Bharat meminta agar pihak dari Kabupaten Humbang Hasundutan memperhatikan kondisi jalan yang rusak tersebut karena sebenarnya jalan tersebut sangat strategis. Jesar Berutu berjanji dalam waktu dekat akan melakukan gotong royong memperbaiki jalan tersebut dan mengupayakan akan menyampaikan permohonan perbaikan jalan ini kepada Pemkab Humbang Hasundutan. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat juga menyatakan siap mendukung percepatan perbaikan infrastruktur jalan yang menghubungkan kedua Kabupaten ini.

0 Response to "KUNJUNGAN WAKIL BUPATI PAKPAK BHARAT DI DELLENG SIMPON"

Posting Komentar

Translate

Kotak Saran

Pengunjung

Contact Us

Office: Singgabur, Desa Silima Kuta Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu Kabupaten Pakpak Bharat Propinsi Sumatera Utara Kode Pos : 22272

Bagaimana pendapat anda tentang pelayanan di Kantor Camat STTU Julu